PENGANTAR KOMPUTER – EXCEL
Materi Setelah UTS
Pada minggu
pertama perkuliahan setelah menghadapi UTS pertama kali di PKN STAN, kami
dihadapkan dengan materi Mata Kuliah Pengantar Komputer yang masih berkaitan
dengan Ms. Excel. Yaitu bagaimana cara mengolah data, supaya indah apabila
divisualisasikan dalam bentuk “chart”,
atau pun belajar membuat “Grouping” data, serta mengatur “Page lay out yang
baik dan benar. Tak lupa kita diajarkan untuk mebuat hal-hal baru yang
sebelumnya belum pernah kita ketahui, yaitu membuat Pivot table. Berikut beberapa
materi yang kami dapat dari minggu ini
1.
Membuat
Chart
Langkah-langkah dalam membuat chart
tentunya tidak serta merta langsung terbentuk chart. Mula-mula tentu kita
dituntut untuk membuat table sebagai d=sumber data chart yang akan kita buat.
Setelah selasai dalam membuat table dasar,
kita menuju pada menu “Insert”. Dalam menu “Insert” terdapat banyak pilihan button.
Yang mana di sebelah pojok kanan adalah tempat dimana button-button pembuat
chart itu berada.
Kita disarankan untuk memilih
rekomendasi Chart yang tersedia di program Ms.word. karena chart tersebut yang masuk
ke dalam kriteria “chart” yang baik. Entah dari pemilihan warnanya yang senada,
bentuk yang simetris dan lain sebagainya. Intinya kita dianjurkan untuk memilih
“chart” yang sudah direcommendasikan.
2.
Membuat
Grouping
Membuat “Grouping” bertujuan supaya,
data-data yang tersebar dapat dikelompokan berdasarkan persamaan-persamaan dan
kemudian dikelompokkan menjadi cluster yang sama. Hal itu bertujuan untuk
memudahkan, pencarian, dan memudahkan proses perapian data.
Langkah pertama yang harus di lakukan
ketika akan melakukan “grouping” pada Ms. Excel adalah meng-klik menu “data”
kemudia menuju button grouping dan ungrouping,
subtotal dan lain lain yang berhubungan dengan “grouping”.
Data-data yang semula tersebar dan
tidak terkelompokkan, sekarang menjadi terkelompokan berdasar persamaan yang ditentukan.
Hal itu juga sangat memudahkan dalam proses pencarian informasi, yang hanya menyebutkan satu
kriteria saja.
Misalkan, kita hanya ingin mengetahui
data gaji dari pegawai wanita. Maka dapat dengan mudah dilakukan dengan cara
melakukan “grouping” terlebih dahulu sebelum dilakukan perhitungan. Karena dengan
“grouping” ini akan terlihat data nama-nama pegawai wanita beserta gaji yang
dihasilkan dalam satu grup. Sehingga, akan lebih mudah terlihat, apabila
dibandingkan meihat banyak data-satu-per satu.
3.
Membuat
Page Layout
Cara mesin untuk
mengatur kepentingan penge-print.an. Dapat mengatur ukuran data yang akan
diperankan, dapat memperlihatkan apakah darama akan sesuai dari tai?? adanya “page
layout” kami sangat. Cara kita melihat apakah data yang kita kerjakan akan muat
dalam sebuah kertas pengeprint.an ataukah tidak
Berikut langkah
langkah dalam mengatur “page layout”. Pertama-tama kita harus memilih menu button “Page Layout” terlebih dahulu untuk kemudian
meng-klik “print Tittle”. Atur pola-pola pengeprint-an yang diingain kan. Dapat
berupa pengaturan ukuran kerta, qualitas kertas, landscape atau orientatiom,
dan lain sebaginya sesuai kemauan dari kita.
4. Membuat Pivot Table
Pivot Table adalah perangkat khusus di
Microsoft Excel yang berfungsi untuk memberikan perspektif terhadap data yang
kita miliki.
•Pivot Table memungkinkan kita untuk
membuat tampilan interaktif dari data. Tampilan interaktif ini disebut sebagai Pivot
Table Report.
•Dengan perangkat
ini, kita dengan mudah dan cepat menggolongkan data dalam kelompok-kelompok tertentu.
StrukturdasarsebuahPivot Table
disusundariempatbagianberikut :
1.Values
2.Row
3.Column
4.Filter
PersiapanuntukMembuatPivot
Table Untukmembuatsebuahpivot table, kitamembutuhkansebuahsumberdata.
•Sumberdata yang
tepatuntukmenghasilkansebuahpivot table harusdibuatdengantata
letaktabular.
•Atribut-atributyang
menunjukkantata letaktabular yang efektifadalah:
1.Barispertamaberisikanlabel judul
2.Tiapkolommerepresentasikankategoridata yang unik
3.Tiapbarismerepresentasikanitem untuktiapkolom
4.Tidakadabarisataupunkolomyang kosong
Komentar
Posting Komentar