Pengantar
Komputer – Tata Naskah Dinas Kemenkeu dan Mail Merge
Berbicara mengenai Tata
Naskah Dinas Kemenkeu, memiliki dasar hokum yang jelass, yaitu tercantum pada Dasar Hukum • PMK No 232/PMK.01/2016
perubahan atas PMK No. 181/PMK.01/2014 Tentang Pedoman Tata Naskah Dinas
Kementerian Keuangan.
Terdapat beberapa jenis Surat Dinas
Resmi yang ada di Kementrian Keuangan, berikut beberapa format yang kami
pelajari mengenai penulisan Surat di Kementrian Keuangan diantaranya :
1.
Surat
Tugas
2.
Nota
Dinas
3.
Nota
Dinas II
4.
Contoh Surat
5.
Contoh surat II
6.
Contoh surat undangan
7.
Contoh lampiran surat
8.
Surat Kuasa
9.
Surat Keterangan
Ada format baku dalam penulisan tiap-tiap surat yang dikeluarkan Kementrian
keuangan. Semua hal turut di perhatiakan, mulai dari
1.
Alamat Surat
2.
Tembusan Surat
3.
Format Cop
4.
Kode Surat
5.
Penulisan Nomor Surat
6.
Lampiran
7.
NIP
8.
Margin
9.
Kertas yang digunakan
10.
Cara melipat surat
11.
Spasi dalam surat
12.
Verbal yang digunakan
Dalam perkuliahan kali ini
kami juga mendapatkan tugas untuk mebuat Surat Sinas Kementrian keuangan sesuai
dengan format yang benar. Berikut merupakan contoh tugas kami.
PRAKTIK #2a
• Buatlah sebuah
surat undangan rapat dari Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan, Dini
Kusumawati, NIP 19740509 199903 2 001 kepada para Sekretaris Direktorat
Jenderal dan Sekretaris Badan di lingkungan Kementerian Keuangan perihal
sosialisasi penyusunan standard operating procedure (SOP) menggunakan aplikasi
Bizagi
• Rapat akan
diselenggarakan di ruang rapat Biro Organta, Gedung Juanda I Lt. 14,
Kementerian Keuangan, Jl. Wahidin no.1 Jakarta Pusat pada jam 09.00-11.00
• Surat ini
ditembuskan ke Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Inspektur Jenderal,
Para Kepala Direktorat Jenderal dan Para Kepala Badan
• Staf yang
membuat draft adalah nama_mahasiswa, sedangkan Pejabat Eselon IV nya adalah
Mutia Rani (Kepala Subbidang Ketatalaksanaan I, NIP 198503032009012007), dan
Pejabat Eselon III nya adalah Sony Keto (Kepala Bidang Ketatalaksanaan, NIP
198103022009011007)
• Ketika membuat
undangan, berarti ada 2 yang dibuat, yaitu VERBAL + SURAT
Berikut merupakan contoh tugas yang
telah saya kerjakan :
|
KEMENTRIAN KEUANGAN
REPUBLIK INDONESIA
SEKRETARIAN JENDERAL
BIRO ORGANISASI DAN KETATALAKSANAAN
Gedung Djuanda I (Gedung E) Lantai 1,7 Jl. Dr. Wahidin
Raya Nomor 1 Jakarta 10710
Telp. (021) 384.6995 intern 6443, Faks. (021) 384.6995
SMS. 082299996443
Email: halo.organta@kemenkeu.go.id |
Nomor
|
:
|
UND-234/SJ/SJ.1/2018
|
10 Oktober 2018
|
Sifat
|
:
|
Segera
|
|
Lampiran
|
:
|
-
|
|
Hal
|
:
|
Sosialisasi Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP)
Menggunakan Aplikasi Bizagi
|
|
Kepada Yth. 1. Para Sekretaris Direktorat Jendral
2. Sekretaris Badan
di lingkungan Kementrian Keuangan
2. Sekretaris Badan
di lingkungan Kementrian Keuangan
Sehubungan
dengan akan diselenggarakannya Sosialisasi Penyusunan Standard Operating Prosedure (SOP) menggunakan Aplikasi Bizagi,
dengan ini kami mohon kehadiran Saudara pada :
Hari,
Tanggal : Kamis , 11 Oktober 2018
Pukul : 09.00 – Selesai
Tempat : Ruang Rapat Biro Organda
Gedung Djuanda I
Lantai 17 Jl. DR. Wahidin Raya No. 1 Jakarta Pusat
Agenda : Pemaparan Metode Penyusunan SOP
dan Brizagi dan Pusintek
Sehubungan
dengan pentingnya acara tersebut, kami mohon Saudara dapat menugaskan minimal
pejabat Eselon III pada unit Saudara pada unit tersebut. Selanjutnya kami mohon
agar pejabat yang ditunjuk dapat hadir tepat pada waktunya.
Demikian
disampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.
Kepala
Biro
Organisasi dan Ketatalaksanaan
Organisasi dan Ketatalaksanaan
Dini
Kusumawati
NIP
19740509 199903 2 001
Tembusan
1. Sekretariat Jendral Kementrian Keuangan
2. Inspektur Jendral
3. Para Kepala Direktorat Jendral
4. Para Kepala BAdan
Komentar
Posting Komentar